Thursday, 10 August 2017

Cerita Tentang S ang Api

*Si Kembar dari Papua*

#Celoteh Bang Zul#
Bandung, 2 Agustus 2017

Keluarga besar Nenek Hajjah Ono punya satu lagi cerita inspirasi.

Beliau masih muda. Generasi ke-empat keturunan Hajjah Ono. Garis keturunan masih dekat saya.

Neneknya, Nenek Aroh, beliau memanggilnya Umi adalah Adik Kandung Nenek saya. Mereka tiga bersaudara dengan bungsunya Kakek Memed dari Pernikahan Nenek Hajjah Ono dengan Mbah Haji Abtahi.

Pernikahan Nenek Hajjah Ono dengan Abah Haji Hamzah dengan inspirasi lainnya akan saya ceritakan di lain kesempatan.

Panggil Kakek Memed dengan lengkap​ ya, kalau tidak akan protes.

Memed Sastra itu namanya, "kurang lengkap itu Zul", kata beliau harus ada Tb nya. Apa itu Tb ? Tubagus, belia menjelaskan pada saya. Gelar itu mahal harganya. Kita masih keturunan Banten jadi harus ada Tb nya.

Jadi kalau kita ketemu beliau panggil beliau Kakek *Tubagus Memed Sastra*. Membahagiakan orang tua itu mulia kawan.

Kembali ke Si Kembar, dia adalah Agni. Kembar dua dengan Bayu. Agni lahir lebih dahulu kemudian Bayu.

Dalam Budaya Jawa (Tegal) yang lahir belakangan itu jadi kakaknya (mba nya). Mereka berdua adiknya Andri. Tiga bersaudara​ ini Anaknya Mang *Ujang Didi* dan istri Bule *Tasripah*.

Medok khas Tegal gaya bicaranya. Turun dari logat mamahnya yang asli Tegal. Kulitnya yang putih mungkin dari keluarga Papahnya dari Bogor.

Lalu dimana inspirasinya ?

Inspirasi nya adalah ini. Muda, Cerdas, Agamanya jempolan, Mandiri.

Usianya pertengahan 20-an tahun. Baru 4 tahun lulus kuliah. Dengan mengambil sertifikasi profesi selama setahun.

Kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Solo. Jurusan Farmasi, suatu studi yang menurut saya lebih berat dari Fakultas Kedokteran.

Satu tahun setelah lulus sarjana farmasi, beliau lulus profesi Apoteker. Lengkap sudah keilmuannya dibidang farmasi.

Sarjana untuk dasar-dasar pemahaman ilmu dan Profesi Apoteker untuk pengembangan wawasan terkini dan pengamalan ilmunya.

Pemahaman agama islamnya didapat disini ...

Santri SMA lulusan Pondok Pesantren Darul Ulum dari Kota Santri, Jombang Jawa Timur ini sangat mandiri. Setengah jam dari Pesantren Tebu Ireng yang didirikan *Hadratusyeikh KH. Hasyim Asy'ari* pendiri NU.

Tahukan lagu kota santri yang dibawakan ibu-ibu kosidahan. Kalau masih belum, coba ingat lagu yang dipopulerkan Anang dan Krisdayanti/Syahrini yang sering diputar di TV Nasional saat bulan Ramadhan berikut ini :

*_Kota santri_*

_Suasana di kota santri_
_Asik senangkan hati_
_Suasana di kota santri_
_Asik senangkan hati_

_Tiap pagi dan sore hari_
_Muda mudi berbusana rapi_
_Menyandang kitab suci_
_Hilir mudik silih berganti_
_Pulang pergi mengaji_
....
Sudah hafalkan sekarang 😊

Keilmuan islam nya sangat lengkap dengan budaya Islam tradisional dari *NU* dan ilmu pengetahuan umum dari kampus *Muhammadiyah*.

Semoga pemahaman islam yang tumbuh lebih bijaksana sesuai dengan luasnya wawasan keilmuan Islam.

Untuk urusan kemandirian bisa dibayangkan.

Tinggal bersama orangtuanya hingga SMP di Nabire, Papua.

Melanjutkan studi SMA dan Pesantren di Jombang.

Kemudian kuliah di Solo.

Bekerja dan berumahtangga di Bandung.

Suaminya adalah teman kuliah di solo merupakan paramedis perusahaan BUMN Perkebunan di Jember, Jawa Timur.

Semua itu butuh persyaratan ini agar tangguh: Muda, Cerdas, Faham agama dan Mandiri.

Banyak anak muda yang cerdas namun sedikit yang faham agama.

Lebih sedikit lagi anak muda cerdas yang faham agama dan berjiwa mandiri.

Salah satunya Agni. Saudara kita dikeluarga besar ini.

Ayo kita belajar dengannya.

Bukan diruang kelas, bukan di kampus-kampus​. Tapi inspirasinya.

Anak muda, Selamat menginspirasi kami *Ustadzah Agni Hikmawati, S.Farm, Apt.*

Semoga bisa ketemu kembaran Papua satu lagi. *Di Papua !* Aamiin

Hmmm bagaimana kami tak bangga padamu wahai api. Semua yang kau lakukan walo tak banyak yang tahu. Kami tahu semua.

Friday, 3 March 2017

about Kina and Mr Kevin Wex (PNG)

Sabtu pagi yang cerah ceria. Agendanya sch mau download tpi gatot gegara jaringan pu lama apa. 

Pas baru datang tiba-tiba ada kaka cewek ngedatangin q. Tnya baterai hp sama atau tidak tapi setelah tak liat merek hp kita beda. Dia samsung sedangkan punyaku merek blackberry. 

Awalnya agak takut sama kakakny jangan sampe penipuan tapi setelah kita cerita. Kakaknya karakternya kayak mba Tina, kuat dan ga mau diremehkan orang terus lebih dominan. Sebenarnya baik. Aselii mirip banget mba Tina.

Kemudian kak okta manggil bapak-bapak unk mendekat. Aku kira mereka sudah saling kenal ternyata ga? Mereka baru saja kenal saat di taman imbi tadi. 

Bapak itu mau nyecek apakah alamat yang dikasih orang itu aktif. Dan dari 5 hp (kalo ga salah hitung) g bisa dipake semua. Akhirnya pake BlackBerry ku unk ngesearch dan ketemu dah. 


Alamat ini yang bapaknya cari. Unk itu aja harus bongkar semuanya. Hahahha setelah akhirnya dapat terus kita cerita-cerita. Baru tahu ternyata bapak Kevin Wex kerjanya di kedubes PNG unk RI. Kesini dalam rangka bisnis dan tugas negara.

Akhirnya q dan kak okta saling mengencar bapaknya dengan pertanyaan. Setelah semua hp bapaknya kita berdua otak atik hehehhee ada samsung S5 yang konon kabarnya di INA belum dijual tapi PNG sudah ada. 


Dari bapaknya kita minta dikasih liat uang kina (mata uang PNG). Ternyata uang rupiah masih kalah dibanding uang PNG. Bayangkan saja, 1 kina itu di Indonesia sama dengan 4.500 


Ini adalah salah satu contoh uang kina. Akhirnya dikasih unk koleksi. Ntar kalo mau kesana lagi mungkin dikasih bapak lagi. Hehehe

Paling kiri atas adalah uang logam 1 kina, samping kanannya 20 toya, terus kiri bawah itu 10 toya. 

1 kina = rp 4500
20 toya = rp 1000
10 toya = rp 500


Ada beberapa jenis uang kina. Bentuknya ie sama kayak uang 100rb yan dulu kertas plastik gimana gitu. 

Kertas 
100 kina = rp 450.000
50 kina = rp 225.000
10 kina = rp 45.000
5 kina = rp 22.500
2 kina = rp 9.000

Logam 
1 kina = rp 4.500
50 toya = rp 2.500
20 toya = rp 1.000
10 toya = rp 500
5 toya = rp 250
2 toya = rp 100
1 toya = rp 50









Thank to mr Kevin, i know about kina. I hope His schedulle can be fine. And he always healthy so we can meet anytime again. 



Sunday, 5 February 2017

Resep Telur Gabus

Hai dy, weekend ini rencananya mau buat cemilan telur gabus. Bahan udah ada tinggal telur, trs sabtu kemarin udah beli di pasar. Untung aja kemarin q tanya ke mba yati (teman kantor) harga telur, dia nyaranin unk beli di pasar pagi aka pasar paldam krna lebih murah dibanding dengan di warung atau toko2. 

And then sabtu pagi setelah nyuci baju dan mandi berangkatlah ke pasar pagi. Padahal kalo sabtu biasanya bangun siang biasa anak kost pemalas yaa ginii hehhehe

Ternyta harga telur lebih murah 100 rupiah dari yang mb yati bilang. Katanya 2000 per butir ternyata 1900 akhirnya bli 10. Kalo 1 rak harganya 56000. Kayaknya bulan depan pengen nyetok telur aja. Ga ada pantangan lagi soalnya, jadi makan telur aman damai sentosa tanpa si wawat datang lagiiii hehhehee

Okey back to topic resep telur gabus.

Resep menurut internet:
- 200 gr tepung sagu/tapioka
-130 keju
-2 butir telur
-1/2 sdt garam
-minyak secukupnya

Sedangkan resep yang aku coba praktekkan itu asalnya dari mamah.
-500 gr tepung tapioka (1 bungkus)
-180 gr keju (1 bungkus q pake prochise)
-5 butir telur
-1/2 sdt garam
-minyak secukupnya

Okey sekarang cara pengolahannya yaaa
1. Sediakan semua bahan diatas.

#maaf gambarnya ga sesuai dengan resep. Soalnya pertama mau pake resep dari internet karena minyak gorengku tinggal segitu tpi ternyata ga bisa kalis akhirnya pake resepnya mamah. ^_^


2. Tepung tapioka diletakkan di baskom yang kering. Kejunya diparut atau diserut tapi berhubung aku ga punya serutan keju makanya q cuma iris tipis terus q cacah. Baru dicampurkan ke tepung tapioka terus aduk rata.




3. Telurnya dikocok ditempat tersendiri setelah itu baru dituangkan ke tengah-tengah campuran tapioka dan keju. Baru diaduk sampai kalis. Pake tangan yaaa biar kecampur semua. Tapi pastikan tangannya bersih.




4. Kalo adonan sudah kalis alias ga lengket ditangan maka selanjutnya ada dibentuk. Ambil adonan sedikit demi sedikit terus digiling dibuku2 tangan, agak memanjang. Proses ini adalah proses paling lama dalam pembuatan telur gabus. Oia lupa, hasil gilingan harus ditaruh diminyak goreng dingin yaa jadi siapkan tempat yang dijadikan penampungnya. Dalam hal ini q pake piring. 



5. Setelah itu baru digoreng, panaskan minyak goreng terlebih dahulu. Dan supaya telur gabusnya renyah. Minyak goreng yang dipake unk ngoreng jangan pelit-pelit yaaa terus jangan sampe terlalu cokelat gorengnya ntar malah pait. Pake "man" alias perasaan dalam bahasa india untuk nentuin udah mateng atau belum. Hahaha terlalu lama ntar gosong kecepata angkat ntar melempem.


Dan itulah hasil resep dari mamah menghasilkan 2 toples dibawah ini padahal semua toples punyaku udah q keluarin. Ternyata Oh ternyata cuma dapat dikit. Hiks hik hiks mulai proses jam 9an baru selesai jam 2an soalnya ga ada yang mbantuin sch. Lama mlintirinnya (gilingnya) pokoknya q anggap sukses. Lumayan unk percobaan pertama. Belajar buat cemilan unk suami dan anakku. Hai masa depanku, q sekarang sedang berjuang unk belajar masak biar kamu betah dirumah. Hahaha

Okey see u again in next experiment, i hope u enjoy with My note and Story. 


Wednesday, 1 February 2017

MOTOGP 2016 and Pramusim MotoGP 2017

Hello Februari, how are u? Are u ready to Rock?? Are u ready to show up everybody? Hahhaha Now i want to tell u about MOTOGp 2017 huaaaaaaa #scream

I really really really excited about that. I am curious about Who can receive the winne in this musim. 

I always watching motoGP in two musim (2015 and 2016) not watching every race but almost race i always watching. My fav rider in moto 2 is Johan Zarco, Alex Ring, Morbidelli, and every rider in top 10. Hehhehee why my fav very lot coz They are show up to my the Real race.


 



In musim 2016 finaly 9 winner. Winner in Team Yamaha is  Jorge Lorenzo and Valentino Rossi. Winner from Team Honda is Marc Marquez and Dani Pedrosa, Winner from Team Ducati is Andrea Iannone and Andrea Dovisioso, the winner from the other team is Jack Miller, Curt Curthclow and si wonder kid Maverick Vinales.

Nothing imposibble, Just look They are, the ra Now very competision. Coz all of rider can be the winner. 

In moto2, musim 2016 very very excited coz point up and down every race. But finally Johan Zarco can save the title for second. Alex Ring and Folger and Sam Lowes can upgrade the race (Moto 2 to MotoGP class the King of rider). 

In Moto2 Morbidelli when i see him, he Just look alm Marco Simonceli They are same cruel hair. Strong in race, but always Mad blood. 

I hope in this musim (musim 2017) They can show up for everybody What is the race and Who is They are. Th interesting race, strong but save and nobody dead in this musim. So i lov you MotoGP





Tuesday, 31 January 2017

Expo Perbankan 2016

Iku lomba yel-yel dan sebagai perwakilan seluruh BPR yang mau ikutan cuma dari Irian Sentosa yang lain ga mau ikutan. Padahal ada Nusa Intim, PNM, phedectama etc alias ga apa lainnya.

Banyak yang bagus-bagus dan kami rasa, kami juga paling bagus tapi sayang suporter Kurang jadi ga dapat juara dech...

Dengan lagu chaya chaya abang syahruch khan alia rahul kuch kuch hota hai kami menari dan berjoget. Ahahahahaha secara ga sadar q ada kecenderungan unk ngedance lhooo hahhaha






Gathering BPR Irian Sentosa Part 2

Udah jam 23.07 WIT tapi mata masih masih ada merem aja padahal mulut udah menguap aja. Ga tahu kenapa malam ini ga bisa tidur. Paling kalo mata bisa teriak, diaa akan teriak keras-keras. "Gue butuh meremmmmmmm" hahhah

Okey sekarang q mau bagi-bagi eh salah mau majang foto pas gathering kemarin ahhh maaf baru mau update sekarang.














EOM Januari 2017

Hai blog apa kabar???
Konbanwa, o genki desuka? Genki desu

Alhamdulillah robbal alamin segala puji hanya milik Allah Tuhan Semesta Alam. 

Akhirnya,, akhirnya,, akhirnya,,
1 bulan di tahun 2017 berakhir juga, bulan ini berjalan dengan banyak perasaan yang bercampur aduk. Ada masalah kerjaan, masalah hati dan etc (padahal yaa ga juga lhoo).

Kayaknya kalo ga dimarahin q ga bakal sadar posisi. #eh gini gini q mau curhat tadi habis ditegur sama ex kasieku, coz q ga teliti saat buat daftar yang harus diinput akhirny menyebabkan sedikit kesalahan. Niat hati ini membantu apadaya terjadi kesalahan. 

Pembelaanku yang ga berani q ucapkan dihadapannya adalah selama q pindah dari agustus 2016 sampe blan ini (aka januari 2017) alias 6 bln ga ada masalah cuma 1 aja atau ada yang salah lagi??. Khan tiap q buat pasti q bilang tolong dicek ulang sapa tw q salah. Jdi kemarin ga diperiksa ulang donk kalo gitu. Ahhh sudahlah ga ada orang di dunia yang mau disalahkan. 

Cukup mengiyakan apa yang diminta dan bilang maaf sudah melakukan kesalahan. Terkadang cepat mengakui kesalahan lebih baik daripada mempertahankan argumen. Ntar malah ga punya teman. Ini aja q udah ga ada teman kog. Hahahhaa teman main maksdnya.

Diats itu semua, banyak ilmu baru yang q dapatkan. Agak jengkel karena harus 2x kerja. Tapi saling memahami akan lebih bagus unk suasana kerja. Tekanan dari atas sudah terlalu berat ga usah nambahin dengan senggolan kanan kiri. Hehhehe

Okey END of Month i wil better in next Month. And must be better between before. Kencangkan ikat pinggang demi tiket PP JYP-JKT juni juli 2017. Btw tiketnya mahal binggo...
T_T 




Saturday, 14 January 2017

Gathering BPR Irian Sentosa

Haiiiiiiiiiiii


Mumpung bisa tetap ngeblog q mau kasih foto pas BPR Irian Sentosa aka Irsen ngadain gathering. Semua cabang yang berdomisili dekat dengan jayapura ikutan, kalo yang jauh diwakilkan sama kacab masing-masing. Karena setlah itu semua kacab mau prepare unk RKT. 

Acara ini sangat dan sangat q ingat karena ini adalah agenda pertamaku kumpul bareng semua punggawa BPR, q jadi lebih mengenal keluarga besar BPR. Terlebih lagi, acaranya diadakan H-1 ultahku.

Acara tergokil adalah q ikutan estafet sarung dan menang juara 3 serta lomba joget. Hahhaha q mndadak menghilangka image jaim pada diri bayu. Toh ga bakalan ada yang kenal q lbh dari itu kog. Gilaaaaa muka tembok jugaaa mana katanya goyangku parah, bodo amat penting dapat 100rb lumayan unk tambahn snack besok ultah.

Walo agak ga sreg juga krna trnyta g semua dapat beng-beng hiks hiks hikss

Tapi ultah ke 25 tahun ini q dapat doa dan ucapan lumayan banyak schhhh terimaksih teman-teman especially jelita aka nuna aka mina a atas ucapan pertama dari teman kantor. I hope u can be happy forever. Dapat dari semua direksi kalo ga salah ingatt minus pak arif sch kayaknya dri kacab juga banyakkkkkk terima kasih

Lah kog malah mbahas ultahku ok back to topic
Now i want give you pictures in hamadi beach.













Scooby-doo Say

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

There was an error in this gadget

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes