Sunday 4 March 2012

Antara Birokrasi dan Realita


Nch ceritaku waktu aku mau ngsi KRS, eh tman2 tau khan KRS, KRS itu sngkatan dari kartu rencana studi. Hal ini wajib dlkukan oleh stiap mahasiswa unk merencanakan studi/matkul ap yg akn diambil dismster dpan, hehehhe

Yupz cerita dimulai saat Q masuk ke ruang lab kmputer jurusan aktnsi, biasanya sblum masuk pzti brkas2 kdu disiapkan trlbih dahulu dan diperiksa, nch dy brkas2nya
1.       KRS asli
2.       KHS asli
3.       Slip pmbyran SPP
4.       Slip pmbyaran praktek (bgi yg ngambil)
5.       Form praktek (bgi yg ngambil)

Nah waktu aku masuk eh trnyata ie kta ibunya gni “Lho mb knpa cma ngambil 23 sks doank” aku cma bsa terdiam dan brpkir, wuah trnyata bleh phooo smster dulu pdhal ga bsa lok mau lolos 25 sks wloo IP tinggi hmmm langsung wae tak jwab “lhoo boleh thoo bu ngambil 25 sks???” ma ibunya dgan agak gmana2 langsung blag gni “ga mbaca pengumuman ddpan pintu lab thoo mba??” aku langsung mengelengkan kpala dan meringgis hehehehe trus tak liat tpi og ga ktmu yhooo, masuk lagy trus ma ibunya dtnya lagy “dah mbca mba..???ini lhoo ada peraturan no 6, jka IPS ≥ 3,25 mka bleh og ngambil 1 sks lagy mnjdi total 25 sks jka memang diperlukan” haduuh bnran ga nch info ttpi ma ibunya langsung gni, “bner og mba nch langsung konsul ke Pembinmbing Akademik (PA) lgy yach,, mnta ACC beliau dlu” wuuuah senengnya drimu mndgar kbar gembira itu hehehhehe secepatnya aku mndtangi tman2ku yg lgy berkmpul dan mmberitahu mereka trkait info yg tak dgar,hehehe maklumlah aku khan MENTRI KOMUNIKASI & INFORMASI klasku heehhe

                Setelah mmberitahu tman2 trkait hal itu, aku pun sgera brbru dosen PA ku yaitu ayah Atwal Arifin. Hmm stlah menunggu ckup lama akhrnya beliau dtang jga dan lngsung dikerubuti ma tman2 yg jga ingin konsul trkait matkul dan jmlah sks dgan beliau. Akhirnya ttd beliau tk dpatkn trus aku pun kabur ke lab kmputer unk mlnjutkan kgiatanku tadi.

Nyampe sna stlah melewati pemriksaan yg sma, aku pun mncri kmputer yg ksong trus nyoba mbuka website ums unk mlkukan proses krs. Tapi ya salam, lolanya mnta ampyun dah,,yg mbuka bnyak kali ych,,, hmm ga tw tuh ngaruh ap ga???ktika aku dh bsa mbuka tpi trnyata ga bsa nmbah 1 sks, aku pun brpkir nch ga akan bsa nmbah lok di kmputr ttap trcatat maks 24 sks. Akhirnya aku brtnya ke kak huda, asdos di lab aktnsi itu, trus ktanya gni, “kmu ke IT aja, mnta unk dbkain ntar bru bsa lok skrg ya ga bsa.” Hmm trnyata gtu akhirnya aku pun keluar lab dan trgesa2 mnuju ruang IT yg ckup jauh dari lab tsbt, aku ksna brg ma mb putri(mba kostku & tman 1 angktan). Beliau jga pgen nmbah lok bsa.

Nyampek IT, qt pun lngsung nympein mksud keperluan kami dtang ksna, stlah berkas2 kami dlhat dan diperiksa, mrka ngobrol ckup lama hingga akhrnya mrka blg lok kami kudu ke Badan Administrasi Akademik (BAA) unk mnta surat pernytaan unk hal ini. Akhirnya aku dan mba putri brangkat ke BAA wlo cuaca lagy terang bnderang shingga panas bgt paztinya. Eh nyampe sna aku mlah dsruh mbalik ke fakultas krana unk hal gtu BAA ga mau ngurus. yg ngurusin hal itu adalh TU FAKULTA. Pdahal qt dah njelasin lok qt dpat info dri IT mkanya kita dtng ke BAA, eh skrg mlah dsruh unk mblik kkampus krana unk urusan KHS dan KRS bkan TJ BAA tpi TU FAKULTAS. Mndgar hal itu aku langsung agak emosi dlam hati “ya Allah panas2 gni mlah slah informasi og dibulet2in sch”. Hmmm akhrnya kami pun mblik kekmpus smbil brharap agar apa yg jadi keinginan kami dpat dpermudah aamiin.

                Sampai di TU fakultas, eh trnyata rame bgt ma tman2 yg mau validasi pmbyaran praktek. Akhrnya aku pun ikut desak2n dan bsa dpat memo, wloo kta pak Syarif, memo unk itu kudue mnta ke TU progdi/jrusan bkannya ke fakultas, hmm tuh mulai dioper2 ga jelas khan,, trus udah dpat akhirnya kita ke TU jrsan ktmu ma mb Tuning, ktanay beliau bkan kyak gtu, lok msalnya kyak gtu mka kudu mnta ttd PA (Ayah Atwal Arifin) dan Kajur (pak Fatchan Achyani. Hmmm kudu brjuang lagy nch nyari PA dan kajur hmm untungnya beliau smw lagy rapat jdi pzti masih bsa ktmu hehehhehe

Selagy kita mnunggu aku dan mb putrid mewawncrai mb Tia, Intan dan mb Adila tnya2 trkait ma proses skripsi, ujian kompre dan wisuda. Hmm prbncngan itu sdikit mulai mmbnagkitkan smgatku unk bsa cpat mbwat hehehhe

Akhrnya pak Atwal dtang tpi trnyata beliau ga mnuju ruangannya ttapi mlah mnuju ruang parkiran kami kejar dch,, trus kami critakan apa yg kmi prlukan dan jlaskan prosesnya trus ma beliau gni,, “wuah ribet jga yach.?? Trus mau lanjut apa ga nch???” kami pun mnjawab lok kami akn ttap brjuang hingga titik drah pnghabisan,, hmm kini tggal mnghadap ke pak fatchan slaku kajur aktnsi unk mnta ttd. Eh tahu ga tman2 wktu kami mnghdap beliau,,, hmmm sungguh dluar dugaan, beliau ga mau tnda tngan karna mnrut beliau tmbhan itu bkan unk perseorgan gni ttapi unk smw mhsswa yg nilainya tinggi, pak Aris slku sekjur akntnsi pun mngatakan hal yg sma, kta beliau, dekan FE UMS (pak triyono) dah nulis surat pmbritahuan kpda phak IT trkait hal itu.. aku dan mb putrid lngsung ngerundel “lok memang udah ada surat knpa phat IT sma skali ga tahu apa2 hmm trnyata ad misskom dsni,,”

Aku dan mb putri lngsung kmbali ke IT mlaporkan hal itu dan mngatakan ap yg tadi dktakan oleh pak aris dan pak fatchan.. aku cerita dri awal hingga akhir tapi trnyata hasilnya NIHIL, pihak IT ga mau sblum kami mndpat surat pngantar dari ketua BAA hmm abot abot abot,, akhirnya unk hri ini aku bsa plg tnpa hasil apapun.

Akhrnya esok hari aku mmbraniakn dri unk mnghadap pk Mujiburrohman slku ketua BAA, aku mmnta unk bsa dbkakn IT unk nimku agar aku dapat 25 sks tpi trnyata ga bsa krna lok hal itu dlkukan mka itu bsa brpngaruh trhadap yg lain dan itu sdah mlanggar aturan yg brlaku,, beliau mlah ngasih aku sran agar bsa dprtmbngkan mtang2 dlam mngatur jadwal agar aku dapat mngambil 24 sks. Hmm mndgar itu smua harapanku unk bsa mngambil 25 sks sirna sdah..

Batin mngatakan jka trnyata begin adanya knpa peraturan no 6 itu ttap ditulis itu hanya kan mnjadi HARAPAN PALSU & HARAPAN SEMU sja karna dri smw lmbga tdak akn mngizinkan hal itu. Smw lmbga mrsa tlah mngerjkan sesuai aturan yg telah brlaku tpi dgan adanya peraturan no. 6 jka IP mahasiswa ≥ 3,25 hehehhe dgan sngat trpaksa sya ktakn itu smw BULSHIT alias OMONG KOSONG,,kran trnyata tdak ad kmunikasi antara phak kajur/dekanat sbgai penentu kbijkan dgan phak IT sbgai plksna krna walo IP ≥ 3,25 ttap maksimal sks yg dpat dtmpuh dlam 1 smmster hnyalah 24 bkan 25 sks. Ttpai knpa sch hrus mmbrikan harapan2 kosong kpada mahasiswa.

Aku akhrnya dpat sdkit mrsakan pakah sperti ini ribetnya birokrasi di Negara Indonesia ini, aku mulai mmprtnyakan apakah plyanan ksejahteraan masyarakat dpat trpnuhi dgan baik wlo q ga bsa  100% mnyalahkan aparat kran kadang ada rakyat yag curang tapi apakah kita harus mmblasnya dgan kcurangn jga.

Birokrasi yg ribet ga masalah asal antar lmbga yg diberi tanggungjawab unk mngatasi hal trsbut ie kdu ada kmunkasi agar kami sbagai masyarakat tngkt bawah tdak mrasa drugikan.

Hmmm sebuah pngalaman trkait ribetnya sistem birokrasi di Indonesia trcermin dari rbetnya birokrasi di UMS. Dsni stdaknya aku bljar sabar mnghadapi para pemegang/pmbuat kbijakan ^_^

PA-Lab Akt.-IT-BAA-TU Fakultas-TU progdi-PA & Kajur-IT-BAA-lab Akt nch alur yg mbuletin bgi aku,,, gunkan cra yg terus terang,,, smangat bayu,,^^

0 comments:

Post a Comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes