Monday 25 February 2013

UJIAN SKRIPSI Jilid II

tanggal 23 Februari 2013 adalah tanggal yang bakal jadi tanggal bersejarah buatku hehhehe kran tanggal itu aku ujian komprehensif atau ujian materi perkuliahan. yang membuat aku senang kran aku bisa langsung lolos dalam 1 kali ujian. karna bagi para mahasiswa FEB khususnya akuntansi ujian ini benar2 menjadi momok. aku pun ikut terkena serangan gemetaran hingga waktu ujian ngeblank semua. aku ujian skripsi tanggal 11 Februari lalu maju untuk kompre tanggal 23 Februari jadi waktu yang tak persiapkan hanya 2 minggu tapi nettonya sch aku hanya menyiapkan slama 1 minggu. padahal teman2ku nyiapain untuk ujian ini slma min 2 minggu baru ada ynag maju kompre,, bukannya aku mau sok pinter atau apa tapi aku punya target untuk bisa lulus skripsi dan kompre dgan sekali ujian, karna hemat waktu, biaya dan pikiran hehehe jadi difokuskan untuk menyipakan 1 minggu.

ini jadwal ujianku

tadi aku bilang lok 2 minggu jarak skripsi dan kompre dan aku baru bisa start iee 1 minggu karna skripsiku baru slsai direvisi hari jumat tanggal 15 februari karan ingin cepat selesai aku akhirnya maju ndaftar hari itu juga tapi karna berkasku kurang aku tunda hari sabtunya. 

lok mau ndaftar ujian kompre,, yang kudu disiapin ie
1. isi formulir pendaftran, lok ujian kompre ga usah mnta TTD pembimbing akademik
2. fotocopy slip pembayaran SPP dan komprehensif
3. fotocopy printout KRS
4. kartu ujian skripsi dan komprehensif
pokoknya kudu udah fix,, ntar slip pembayarannya dikasihkan ke mbanya unk ditandai,,jadi kasihkan smua yang kmu punya jagan ada yang disimpan,,soalnya pengalamanku kmrin aku kena marah krana ada yang tak simpan,hehhehe ntar dibalikin lagy og jadi jangan takut lok ialng hehehe

untuk ujian kompre kali inipun, aku ketemu dengan bapak2 penguji yang subhanallah sekali
1. Teori akuntansi                          : Dr. Fatchan Achyani, M.Si
2. Pengauditan                               : Dr. Noer Sasongko, M.Si
3. Sistem Pengendali Manajemen : Abdul Kharis Al M. S.E, M.Si

waktu ujian jam 8,, pertama kali aku langsung ketemu dengan pak Noer Sas, beliau langsung nyuruh aku unk berdoa dlu setelah itu aku presentasi,, karna deg2an aku jadi ngeblank ma apa yang udah tak pelajarin. setelah itu langsung kepertanyaan ma beliau,,
1. tujuan audit itu apa?
2. tujuan audit untuk manajemen itu apa?
3. resiko itu apa? resiko bawaan itu apa?
4. tahapan audit itu apa aja?
5. prosedur audit itu apa aja?
6. scanning itu apa?
7. bedanya observasi dan inspeksi itu apa?
dan masih bnyak lagy,,kayaknya aku itu ada skitar 15an menit padahal dlu ada tmanku yang hnya dapat 2 pertanyaan. ternyata kuncinya ada pada presentasi mater ynag udah kita pelajarin. makin rinci kita presentasi maka makin sedikit pertanyaan yang diajukan begitu sebaliknya. so dipersiapkan materinya, dan kbnyakn apa ynag ada di ringkasan materi kompre keluar semua og,,

penguji slanjutnya adalah pembimbingku sendiri yaitu Dr. Fatchan Achyani,, bliau pun nyuruh unk doa dlu,, yakin dalam ahti aku udah deg2an banget coz tadi wkatu ujian pengauditan aja aku ga bisa njawab hmmm,,, langsung ma beliau setelah doa aku pun dsruh presentasi dan sama kran grogi semua materi ngeblank,, pengertian TA aja aku plegak-pleguk hehhehehe langsung pertanyaan beliau
1. laporan keuangan itu apa?
2. jelaskan landasan konseptual
3. jelaskan macam2 postulat 
4. jelaskan karakteristik kualitatif informasi
5. membuat contoh neraca
6. membuat contoh laporan laba rugi
7. membuat contoh laporan arus kas investasi
yakin grogi banget mpek ga bisa ngomng kbnyakan "eeee" yang keluar,, nah pas mbuat neraca dan laporan laba rugi alhamdulillah lancar banget nah giliran mbuat laporan arus kas investasi jan tenan og iso ngeblank,,lporan arus kas ada tiga (operasional, pendanaan dan investasi) pertmanya njawab ini aj ga bisa huh,,akhirnya aku ingat lok kta pak Agus Endro lok arus kas investasi ie lbih ke aktiva tetap yang digunakn unk investasi. akhirnya kjwab jga tapi ga thu bnar ga?? stlah slsai mbuat laporan itu aku langsung keluar.
materi TAku
ini dari materi pak fatchan semester 6 kmrin, pinjam punya mb upud hehehe



dan untuk penguji slanjutnya kran pengujinya yaitu bpak Abdul Kharis S.E, M.Si ga bisa datang akhirnya diganti ma bu Dr. Rina Trisnawati Akt, Ph.D sma kyak bapak2 yang lain beliau mnyuruh unk bedoa dan presentasi. krna bu rina jadi suasananya ga horor mlah enak bnget,, bliau aj blng gni,, "mana wuk berkasmu" wuuuahhhhh langsung ga grogi tpi sek pancet deng heheheh,, ya dah presentasi mngalir hingga akhirnya dapt pertnyaan
1. beri contoh kegiatan yang efektif dalam perusahaan
2. penganggaran itu apa?
3. bentuk2 penganggaran?
4. bedanya pemprograman dan penganggrana itu apa?
udah itu thok,, nah beliau blng,, "ini sdah ya ujian materi SPM, krana kartu ujiannya belum ditandatngani ma pak Fatchan slaku ketua penguji jadi saya tidak berani mngumumkan kecuali lok sudah ditndatngan maka mngkin bisa saya sampaikan. ydah skrg nunggu pak Fatchan sja sambil berdoa" begitu kata beliau. 
nch buku catatan SPM dari pak YTC
 

aku langsung keluar dan mewekk eh ma tman2 malah diblngin "lulus,lulus bay" aku aj lulus og pdahl udah hmpir mati tngah jlan huaaa makin keras lek mewek. aku yakin lok aku lulus krna ibunya pasti ngelulusin dweh soalnya lok ga lulus psti udah dri awal dksih tahu dweh tapi tatap aja. waktu itu jam 10 jadi sekitar 2 jam ujian ga deng nunggunya yng lama. 

akhirnya semua udah beres tinggal 3 mahasiswa termasuk aku ynag masih nuggu kdtgan pak Fatchan, ada yang blang beliau lagy ngajar ada jga yng blang lok beliau lagy rapat,,pokoknya agak lama og dari jam 10 mpe jam 11.45 akhirnya beliau baru datng.

saat aku dpanggil aku dtnya ma bpaknya,, kmu tdi apa bisa jwab pertnyaan sya. coba sebutkan apa aj yang bisa kmu jwab,, langsung aj tak jwab lok ttg postulat dan landasan konseptual serta mbuat laporan. dgar itu bpaknya langsung blang laporan arus kas aja ga tahu gtu,,,yadah belajar lagy sana, kata beliau sambil ngasihkan kartu ujianku,,, dgar itu aku langsung mewek dan cabut ke keluar. nyampe diluar bgtu tak liat Subhanallah, walhamdulillah,, akhirnya targetku unk maju sekali ujain tercapai juga.
ini hasilnya
ini tanggal dan ujian ke-
ini keterangan
ini otorisasi dari bpak Fatchan sebagai ketua penguji
nah itu tadi ceritaku di ujian komprehensif, sebenarnya mudah bnget og, cuma kran kita terlalu dgarin apa kata senior jadinya pda mubeng gtu hehhehe tapi asik og,,smua pasti bisa asal mau berusaha dgan sekuat tenaga dan dibagi waktunya. lok mau tnya2 lagy hub di 0896 5453 9860




0 comments:

Post a Comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes